Wednesday, April 23, 2008

Tertanam Dalam Gereja Lokal

“Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.” (2 Timotius 2:22)

Menjauhi godaan dosa dan mengejar apa yang baik ternyata harus dilengkapi dengan satu hal yang penting: hidup bersama dalam komunitas yang tepat. Bentuk nyata dari hidup “bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni” adalah tertanam dalam Gereja Lokal. Seringkali sangat mudah berpikir bahwa kita bisa hidup sendiri, mandiri dari bantuan orang lain. Namun kehidupan yang berubah dan berbuah sesuai rancangan Tuhan adalah sebuah kehidupan yang dijalani dalam komunitas rohani.

Komunitas ini adalah sebuah kelompok yang tertanam. Pesan dari 1 Petrus 5:2 bagi para pemimpin rohani adalah: “gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu…” Artinya, gembala tidak bertanggung jawab untuk memelihara semua kawanan yang ada di dunia ini, tapi gembala bertugas memelihara kawanan domba Tuhan yang ada padanya. Tidak ada domba yang berpindah-pindah kawanan. Seekor domba hidup dan dibesarkan dalam sebuah kawanan yang tetap. Dengan kata lain, setiap kita perlu tertanam dan berada dalam suatu kawanan domba yang jelas.

Komunitas ini adalah kelompok yang aman dan diberkati. Musuh kita iblis adalah bagaikan singa (1 Pet. 5:8) yang mengincar Anda sebagai dombaNya. Namun Tuhan Yesus sebagai gembala yang baik dan juga para pemimpin Anda bertugas mengamankan Anda dari bahaya. “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya…” (Ibrani 13:17) Selain itu, komunitas yang hidup dengan rukun dan bersehati adalah komunitas yang diberkati. “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! …Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.” (Mazmur 133: 1,3).

Komunitas ini adalah tempat Anda bertumbuh dengan subur. “Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita…” (Mazmur 92: 13-16). Mari tertanam di dalam Gereja Lokal!


Ps Ivan F. Clement


Originally published in Weekly Bulletin, February 2008

No comments: