Wednesday, April 23, 2008

Tidak Akan Dikuasai Lagi Oleh Dosa

“Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.” (Roma 6:14)

“Sebab KAMU TIDAK AKAN DIKUASAI LAGI OLEH DOSA…” adalah berita baik yang ingin saya sampaikan kepada Anda! Inilah rencana Bapa, yaitu melalui pengorbanan AnakNya di kayu salib, kuasa dosa atas Anda dihancurkan.

Renungkan ayat berikut ini:
“Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, SUPAYA TUBUH DOSA KITA HILANG KUASAnya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.” (Roma 6:5-6)

Pada waktu kita percaya pada Yesus sebagai Juruselamat kita, manusia lama kita telah turut disalibkan dan mati bersama Yesus (Rom. 6:3-4; Kolose 2:12; 3:3). Ini berarti bahwa saat Yesus mati di kayu salib, tubuh dosa kita pun mati; akibatnya tubuh dosa kita hilang kuasanya. Karena itu, kita tidak perlu menghambakan diri lagi kepada dosa!

Selain itu, saat Yesus dibangkitkan dari antara orang mati, maka kitapun dibangkitkan bersama Dia. Kita memiliki kehidupan yang baru dalam roh (manusia batiniah) kita, sehingga oleh Roh Kudus kita dapat melatih, mendisiplin tubuh kita dan menguasainya seluruhnya untuk berjalan dalam kekudusan. Paulus mengatakan, “Aku melatih tubuhku dan menguasainya SELURUHnya…” (1 Kor. 9:27).

Bagi Anda yang sedang ‘bergumul’ untuk bebas dari kebiasaan buruk atau ketergantungan dengan apapun, renungkan firman ini dan terimalah sebagai suatu kebenaran dan fakta dalam pikiran dan hatimu. Saat sedang belajar melatih dan menguasai tubuh untuk berjalan dalam kekudusan, mungkin Anda merasa tubuh dosa Anda begitu kuat melawan Anda—karena mungkin selama ini Anda tidak ‘menantang’ kekuasaannya—dan Anda merasa roh anda begitu lemah. Berdirilah atas kebenaran ini, dan mulailah belajar menguasai tubuh anda SELURUHnya. Anda dapat berkata bersama dengan Paulus, “…Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! Oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” (Roma 7:24-25)


Ps Ivan F. Clement


Originally published at Weekly Bulletin, April 13, 2008

No comments: