Wednesday, April 23, 2008

Ukuran

“Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Janganlah kamu menghukum….ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi…Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Lukas 6:37-38)

Suka atau tidak suka, Tuhan menetapkan bahwa hidup kita akan selalu diukur berdasarkan ukuran yang kita ukurkan pada orang lain. Tuhan Yesus mengatakan bahwa kita semua akan diukur dalam empat hal: penghakiman, penghukuman, pengampunan dan memberi. Untuk memudahkan kita selalu mengingatnya, anggaplah Tuhan memberikan empat ‘rekening bank’ beserta buku tabungannya pada kita.

Rekening dan buku tabungan yang pertama adalah penghakiman. Tuhan mau ‘rekening’ yang satu ini tetap nol dan tidak bertambah. Bila kita mengukurkan penghakiman pada orang lain, maka account penghakiman kita akan bertambah, dan ukuran yang sama akan diukurkan pada kita. Mengenai penghakiman Tuhan Yesus berkata, “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi” (Mat. 7:1). Cek buku tabungan penghakiman Anda. Apakah tetap kosong? Atau semakin bertambah?

Buku tabungan yang kedua adalah penghukuman. Hanya Tuhan yang berhak menghukum, bukan kita. Seperti halnya dengan ‘rekening’ penghakiman, ‘rekening’ yang satu ini juga harus tetap kosong. Bila kita mengukurkan penghukuman pada orang lain, maka account penghakiman kita akan bertambah, dan ukuran yang sama akan diukurkan pada kita.

Pengampunan adalah buku tabungan kita yang ketiga. Berlawanan dengan penghakiman dan penghukuman, Tuhan ingin agar kita selalu mengampuni (Kol.3:23). Bahkan dengan tegas Tuhan Yesus mengatakan bahwa bila kita tidak mengampuni orang lain maka Bapa juga tidak mengampuni kita. Bagaimana dengan account Anda yang satu ini? Semakin banyak Anda mengukurkan pengampunan pada orang lain, semakin banyak pula pengampunan yang diukurkan pada Anda. Begitu pula sebaliknya.

Yang terakhir adalah memberi. Semakin banyak Anda memberi, maka semakin banyak ukuran yang Anda terima. Sebaliknya, bila Anda semakin sedikit memberi (bahkan jarang atau tidak pernah), maka ukuran yang sama akan diukurkan pada Anda. Kapankah terakhir kali Anda memeriksa keempat rekening Anda ini? Bila Anda dihakimi dan dihukum, jangan membalas. Bila Anda disakiti, ampunilah. Bila memiliki berkat dan kesempatan, berkatilah orang lain. Karena ukuran yang sama akan diukurkan pada Anda!


Ps Ivan F. Clement


Originally published at Weekly Bulletin, April 6, 2008

No comments: